Blog

Cara Mengeluarkan Serpihan Tajam dari Bawah Kuku

Serpihan tajam (splinter) adalah “benda asing” yang entah bagaimana masuk ke bawah kulit. Kebanyakan orang pernah mengalami masalah dengan serpihan tajam yang disebabkan oleh potongan kecil kayu, tetapi serpihan ini juga bisa berasal dari logam, kaca, dan beberapa jenis plastik. Secara umum, Anda dapat mengeluarkan serpihan itu sendiri, tetapi jika serpihan tertanam jauh di dalam kulit, apalagi di tempat yang sulit, Anda mungkin membutuhkan bantuan slot deposit 10 ribu gacor dokter untuk mengeluarkannya. Serpihan yang menancap di bawah jari tangan atau kaki bisa menimbulkan rasa sakit dan sulit dikeluarkan, tetapi ada beberapa metode yang dapat Anda pertimbangkan jika ingin mencoba menangani masalah ini di rumah.

Mengeluarkan Serpihan dengan Pinset

Putuskan apakah Anda memerlukan bantuan dokter. Serpihan yang tertanam jauh di bawah kuku, atau terinfeksi, mungkin harus dikeluarkan oleh dokter. Tanda-tanda infeksi antara lain rasa sakit yang tidak kunjung reda setelah beberapa hari, dan bengkak, atau kemerahan di place sekitarnya.

  • Jika serpihan menyebabkan pendarahan serius dan berlebihan, pergilah ke UGD untuk meminta bantuan mengeluarkannya.
  • Jika serpihan tertanam di bawah kuku sedemikian rupa sehingga Anda tidak dapat menjangkaunya sendiri, atau jika kulit di sekitar serpihan terinfeksi, buatlah janji pemeriksaan ke dokter. Dokter dapat mengeluarkan serpihan dan memberi Anda antibiotik.

Dalam sejumlah kasus, dokter akan memberikan anestesi lokal untuk mematikan sensasi rasa di location yang terinfeksi saat mengeluarkan serpihan dan mengurangi rasa sakit selama prosesnya.
Ketahuilah bahwa dokter mungkin harus mengangkat sebagian atau seluruh kuku untuk mengeluarkan seluruh serpihan.

Keluarkan serpihan sendiri. Jika ingin mengeluarkan serpihan sendiri di rumah, Anda membutuhkan pinset karena serpihan mungkin terlalu kecil untuk dicabut dengan tangan. Jika serpihan tertanam jauh di bawah kuku dan tidak ada bagian yang mencuat di atas kulit, Anda mungkin harus menggunakan jarum untuk mengeluarkannya.

  • Sterilkan peralatan yang akan digunakan untuk mengeluarkan serpihan. Anda dapat mensterilkan pinset dan jarum menggunakan alkohol gosok atau air mendidih.
  • Basuhlah tangan sebelum memegang peralatan yang telah disterilkan.
    Basuhlah location dan kuku tempat serpihan menancap sebelum mencoba mengeluarkannya untuk mencegah timbulnya infeksi. Jika Anda kesulitan membasuhnya dengan sabun dan air, gunakan alkohol gosok.

Jika kuku Anda panjang, sebaiknya dipotong pendek terlebih dahulu sebelum mencoba mengeluarkan serpihan dari bawah kuku. Langkah ini memungkinkan Anda melihat lokasi serpihan lebih baik.

Gunakan pinset untuk mengeluarkan serpihan. Carilah tempat yang cukup terang untuk bisa melihat seluruh lokasi serpihan dengan baik. Gunakan pinset untuk menjepit ujung serpihan yang mencuat keluar. Setelah menjepitnya dengan kuat, tarik keluar serpihan dari kulit searah dengan jalan masuknya.

Bisa jadi ada lebih dari satu serpihan kayu, kaca, dan sebagainya di bawah kuku. Atau, ada kemungkinan serpihan terpecah saat Anda mencoba mengeluarkannya dari kulit. Jika tidak bisa mengeluarkan seluruh serpihan sendiri, Anda mungkin harus meminta bantuan dokter untuk mengeluarkan fragmen yang tertinggal.

Jangkaulah seluruh serpihan yang tertanam dalam kulit dengan bantuan jarum. Beberapa serpihan di bawah kuku mungkin tertanam sangat dalam sehingga tidak ada bagian yang mencuat keluar dari kulit. Kondisi serpihan seperti ini mungkin sulit dikeluarkan begitu saja, tetapi Anda dapat mencoba menggunakan jarum untuk membuka sebagian serpihan sehingga bisa menjepitnya dengan pinset.[5]
Jarum jahit kecil boleh digunakan untuk melakukan prosedur ini. Pastikan Anda mensterilkannya terlebih dahulu.

Doronglah jarum ke bawah kuku, ke arah ujung serpihan, dan gunakan untuk mencungkil ujung tersebut.
Jika Anda bisa mencungkil ujung serpihan cukup panjang, jepitlah dengan pinset dan tarik keluar searah dengan jalan masuknya.

Basuhlah seluruh vicinity hingga bersih. Setelah berhasil mengeluarkan sebagian atau seluruh serpihan, basuhlah location tersebut dengan sabun dan air sampai bersih. Setelah dibasuh, Anda dapat mengoleskan salep antibiotik (misalnya, Polysporin) untuk membantu mencegah infeksi. Anda mungkin perlu menutup place tersebut dengan perban jika terjadi pendarahan, atau jika lokasinya rentan menimbulkan infeksi di kemudian hari.

You might be interested in …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Have no product in the cart!
0
Call Now Button